Mengidentifikasi Perangkat lunak Lembar Kerja
Disebut juga dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.
Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya. Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengeloahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.
Fungsi ikon dan menunya .
Mengidentifikasi Perangkat Lunak Lembar Kerja(Worksheet) Beserta Fungsi Ikon dan Menunya.
A. Manfaat Program Lembar Kerja.
Microsoft Corporation sudah mengeluarkan beberapa versi program apilkasi Microsoft Office, seperti Microsoft Oficce 2000/2002/2003 dan Microsoft Office XP.
Hal baru yang terdapat dalam Microsoft Excel XP, yaitu sbb:
1. Pemberian warna pada tab sheet bertujuan agar pennguna dapat mengklasifikasi jnis data dengan warna yang berbeda.
2. Adanya fasilitas mengirim sebuah range yang dapat dilakukan dengan manfaat jaringan Internet.
B. Mengaktifkan Program.
Untuk mengaktifkan program aplikasi Microsoft Excel, terdapat beberapa cara yang digunakan, misalnya melalui menu start pada taskbar, ikon pada desktop, ikon file dengan format.xls.
C. Menggunakan Menu pada Micosoft Excel.
Setiap menu mempunyai fungsinya masing2. Menu standar dari Microsoft Excel terdiri atas File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Window dan Help.
1. Menu file.
Merupakan menu yang berisi perintah-perintah untuk mengolah buku kerjaMicrosoft Excel. Perintah-perintahnya yaitu untuk membuat dokumen atau lembar kerja baru dengan perintah new, selain itu ada Open, Save, Save As, Page setup, Print, Exit.
2. Menu Edit.
Merupakan menu yang digunakan untuk melakukan beberapa perubahan pada dokumen atau lembar kerja yang sedan aktif. Perintah yang terdapat pada menu Edit di antaranya, yaitu pembatalan perintah terakhir yang telah dilakukan dengan menggunakan perintah Undo, selain itu ada Cut, Copy, Paste, Delete, Move or Copy Sheet.
3. Menu View.
Merupakan menu yang berisi perintah-perintah yang berhubungan dengan pengaturan lingkungan dan lembar kerja pada Microsoft Excel. Perintah-perintah yang terdapat pada menu View yaitu task pane, toolbar, formula, bar dan statusbar.
4. Menu Insert
Merupakan sutu menu yang berisi perintah-perintah yang diperlukan untuk melakukan penyisipan pada lembar kerja Microsoft Excel. Perintah-perintahnya yaitu Function, Picture, Insert,.
5. Menu format.
Merupakan suatu menu yang berisi kumpulan perintah yang digunakan untuk mengatur format dasar pada lembar kerja. Perintah-erintahnya yaitu untuk mengatur ukuran dan jenis huruf, format angka, warna, garis pembatas sel, baris, kolom dan pengaturan lainnya.
6. Menu tools .
Berisi perintah-perintah yang digunakan untuk melakukan pengecekan ejaan. Selain itu ada Compare and Marge Worksbooks, Ptectrion,.
7. Menu Data.
Terdiri atas perintah-perintah yang terdiri dari pengolahan data yang terdapat pada lembar kerja. Dapat digunakan untuk menyaring data yang akan ditampilkan, menghiting nilai subtotal dan total sejumlah data pada suatu kolom, membua table.
8. Menu W indow.
Digunakan untuk mengatur jendela kerja dari Microsoft Excel yang sedang aktif. Perintah-perintahnya antara lain New Window, Arrange, Hide, Unhide.
9. Menu Help.
Meruipakan menu yang digunakan sebagai menu bantuan untuk mencari I informasi yang diperlukan pada saat bekerja dengan Microsoft Excel.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar